Manna, Bengkulu Selatan; Adanya informasi material program BSPS tahun 2016 yang tidak sesuai dengan keinginan warga, Plt.Kepala Dinas PU Bengkulu Selatan Ir. Susmanto, MM mengaku terkejut.

“informasi ini baru saya dapat, kalau memang tidak sesuai harus diganti, kalau kurang harus ditambahi,” tegas Ujang sapaan akrab Ir.Susmanto, MM.

Ia mengaku baru mengatahui material tidak sesuai harapan, tersebut, lantaran selama ini, dana program BSPS dikelola oleh penerima program itu sendiri, sedangkan pihaknya hanya melakukan pendampingan saja. Hanya saja jika benar meterial itu tidak sesuai, maka akan segera diganti.

Menurut Ujang, material kayu yang tidak sesuai harus diganti dengan yang sesuai petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis (juklak Juknis). Begitu juga dengan material pasir yang seharusnya diterima 6 kubik, namun hanya diantar 3 kubik. Maka harus ditambah lagi 3 kubik agar cukup 6 kubik. Oleh karena itu, kemarin dirinya sudah menurunkan tim dari bidang cipta karya untuk mendata nama-nam warga yang materialnya kurang dan tidak sesuai. Setelah itu material yang tidak sesuai diganti dan yang kurang ditambah lagi.

“tim kami segera ke lapangan untuk mendata penerima program BSPS yang materialnya kurang, sehingga segera diganti,” terang Ujang.

Dijelaskan Ujang, adanya perbedaan material tersebut, lantaran penerima program langsung berhubungan dengan penyedia material, sehingga pihaknya tidak mengetahui langsung kondisi material yang diantar penyedia. Namun dengan adanya informasi tersebut, ke depan dirinya memerintahkan petugas pendamping untuk mengecek material yang disampaikan penyedia, agar tidak ada lagi kesalahan. Dirinya juga mengingatkan petugas pendamping agar serius dalam mengawasi program BSPS, sehingga tidak ada penyimpangan.

“Ini pelajaran bagi kami agar petugas kami semakin aktif melakukan pendampingan di lapangan, kalau nanti ada lagi yang tidak sesuai, sampaikan pada kami agar segara diganti, saya pastikan satu rupiah pun dana BSPS tidak boleh dikorupsi dan semuanya harus tersalur pada masyarakat,” kata Ujang.(SAR)