Manna, Bengkulu Selatan; Program Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang dikucurkan Ke Bengkulu Selatan dengan rincian 396 unit dari APBN dan 50 unit dari APBD Bengkulu Selatan tahun anggaran 2016 sudah terealisasi untuk tahap I, sementara untuk realisasi tahap II masih menunggu laporan penggunaan dana dari fasilitator tekhnis PU yang ada dilapangan. Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PU Bengkulu Selatan Edwin Permana, ST, MT, ketika dijumpai reporter radio artha diruang kerjanya.

“Untuk Tahap I dana BSPS sudah direalisasikan untuk 50 unit untuk Kecamatan Kota Manna dan Kecamatan Pasar Manna, 84 unit untuk Desa Pagar Gading, 122 unit untuk Desa Kembang Seri Kecamatan Pino Raya, 50 unit untuk Desa Palak Siring Kecamatan Kedurang,”terang Edwin.

Ditambahkan Edwin, jika laporan penggunaan dana sudah rampung maka akan disalurkan untuk realisasi dana tahap II.

Disisi lain, masyarakat penerima program BSPS, Bambang (32) warga Kecamatan Kota Manna merasa berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah memberikan bantuan kepadanya. Namun sedikit yang menjadi kendala baginya adalah keterlambatan material yang diterimanya sehingga mengakibatkan pekerjaan harus tertunda, ini akibat material yang disuplay tidak sekaligus.

“Kendala yang dihadapi saat ini hanya terkendala material yang terkadang lambat, sehingga menimbulkan pekerjaan yang harus tertunda,”ujar Bambang selaku penerima program BSPS melalui APBD.

Hal Berbeda yang disampaikan oleh salah seorang warga Desa Kembang Seri yang tidak mau disebut namanya, yang mengeluhkan material jenis kayu yang diterimanya berupa kayu Lawu, sementara teman satu Desa dengan dirinya juga menerima kayu jenis Kemang.

“Kami memang sedikit agak Kecewa dengan material jenis kayu yang kami terima, yang menurut kami kayu tersebut mudah lapuk,”ujar warga Desa Kembang Seri dengan nada kesal kepada awak media.

Konsultan Tekhnis pengawas BSPS lapangan, ARI ketika dikonfirmasi oleh awak media Via Telpon enggan berkomentar terhadap material yang diterima oleh warga Desa Kembang Seri Kecamatan Pino Raya. Bahkan Ari menutup telpon dan tidak berusaha untuk mengangkat telpon dari awak media, sehingga menimbulkan praduga “ADA APA” terhadap Program BSPS yang melalui dana APBN ?

Diketahui, program BSPS yang melalui dana APBN, tekhnis pelaksanaannya dikerjakan oleh Satuan Kerja Perumahan Rakyat Dinas PU Provinsi Bengkulu. Sementara untuk program BSPS melalui dana APBD BS tahun 2016, tekhnis pelaksanaannya melaui Bidang Cipta Karya Dinas PU Kabupaten Bengkulu Selatan.(SAR)

incoming search terms:

  • edwin permana pu bengkulu selatan