Manna, Bengkulu –Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) bekerjasama dengan TP PKK BS, menggelar pelatihan keterampilan berbasis teknologi informasi. Kegiatan ini melatih ibu-ibu di pedesaan agar memanfaatkan perpustakaan dan teknologi untuk memasarkan kuliner jajanan khas daerah.

“Pelatihan yang diikuti ibu-ibu dari berbagai desa di BS ini dimaksudkan agar ibu-ibu ini bisa memanfaatkan teknologi internet untuk memasarkan jajanan khas kuliner khas daerah masing-masing,” kata Kepala KPAD BS, Sri Gusti Sabana, SH.

Ditambahkan Sri Gusti, pelatihan yang digelar selama 2 hari ini dimaksudkan untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat BS bahwa perpustakaan bukan hanya tempat untuk membaca buku bagi pelajar saja. Namun bisa digunakan oleh ibu-ibu untuk mencari referensi mengembangkan usaha atau potensi desanya.

Selain itu, membiasakan diri memanfaatkan fasilitas internet yang ada di perpustakaan guna memasarkan jajanan kuliner khas daerah masing-masing atau usaha lainnya. “Dikemas seapik mungkin, kemudian dipromosikan melalui internet yang jangkauannya lebih luas, maka diharapkan dapat mengembangkan usaha ibu-ibu,” jelas Sri.(dc)