Manna, Bengkulu Selatan; Setelah Warga yang lahannya di serobot oleh PT.ABS dan menyampaikan persoalan ini ke Mapolres Bengkulu Selatan beberapa waktu yang lalu, nampaknya akan menemukan titik terang untuk penggantian tanam tumbuh terhadap seluruh lahan yang diserobot oleh PT.ABS di Desa Cinto Mandi.

absPihak PT. Agro Bengkulu Selatan (ABS) yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit, kembali mendatangi Kantor Pemda Bengkulu Selatan (BS) guna memenuhi undangan dari Wakil Bupati Gusnan Mulyadi, SE, MM, Bukan hanya Pihak PT. ABS, Wabup juga menghadirkan Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, S.Ik. dan Asisten I Supran, SH, MH, Kabag Tata Pemerintahan Edie Hartawan. Untuk membahas permasalahan lahan warga yang telah diserobot, dan yang paling utama adalah untuk mendengarkan kesediaan PT.ABS mengganti tanam tumbuh di lahan warga yang telah digusur.

“Ia PT. ABS bersedia ganti rugi lahan warga yang sudah diserobot lantaran diklaim oleh warga dan dijual pada PT ABS,”ucap Wabup.

abs-2Dikatakan Wabup, untuk saat ini lahan yang akan diganti rugi oleh PT. ABS baru enam orang yakni Ayub Susanto (37), Fausan (39) Sapirin (40), Dipan (45), Iriadi (44) dan Buki (46) warga Kecamatan Pino Raya. Lahan mereka seluas 15 hektare. Sedangkan lahan yang diserobot lebih kurang 40 hektare. Dan 25 hektare lagi milik warga yang lain semuanya akan dibahas.

“Baru enam warga yang diyakini lahan oleh PT. ABS bahwa memang lahan tersebut milik warga. Mereka akan bersedia mengganti lahan yang sudah ia gusur,”ujarnya.

Menurut Wabup, namun disisi lain warga bukan minta diganti lahan. Namun warga meminta ganti tanam tumbuh ditempat perkebunan mereka. Tapi kalau diganti tanam tumbuh tentu mengacu standar pemerintah berdasarkan peraturan gubernur.

“Jika dihargakan sebatang tanaman Rp 350 ribu, maka semua tanaman tersebut bisa dikalikan dengan jumlah yang dihargakan menurut aturan,”ungkap Gusnan.

Dijelaskannya, saat kedatangan PT. ABS, warga yang lahannya diserobot belum dihadirkan, Namun pembahasan tersebut akan dilanjutkan bersama warga dan PT. ABS pada Selasa (27/9) yang akan datang bertempat dikantor Bupati.(SAR)