Manna, Bengkulu Selatan; Setelah beristirahat pasca diterimanya surat teguran dari Dinas ESDM Provinsi Bengkulu pada tanggal 3 Oktober yang lalu, PT.Pesona Karya Abadi (PKA) yang diberikan kebijakan oleh Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan untuk melakukan pengerukan bebatuan dalam hal Normalisasi alur sungai air Nipis di Desa Darat Sawah Kecamatan Seginim kini sudah bisa untuk melanjutkan pekerjaan Normalisasi setelah adanya musyawarah antara warga Kecamatan Seginim dengan PT.PKA yang dihadiri oleh Kapolsek Seginim AKP.Tabhroni, perwakilan dari TNI AD, Pengawas Tekhnis PU dan Camat Seginim Sairi,S.sos selaku fasilitator dalam pertemuan tersebut.

pt-pka-2
Rapat Bersama warga Seginim membahas Normalisasi di fasilitasi Oleh Camat Seginim Sairi, S.Sos

Rapat bersama dalam hal pembahasan Normalisasi Alur Sungai Air Nipis di Aula Kantor camat Seginim pada Kamis (20/10) yang lalu ternyata membuahkan hasil yang cukup gemilang. Masyarakat Kecamatan Seginim yang menghadiri rapat tersebut telah menyepakati untuk mendukung program pemerintah dalam hal penaggulangan bencana abrasi yang kerap terjadi di Desar Darat Sawah Kecamatan Seginim. Dalam artian tidak ada hambatan lagi bagi PT.PKA untuk meneruskan pekerjaan normalisasi alur sungai air nipis.

“Ini merupakan hasil kesepakatan antara warga dan pihak pelaksana yakni PT PKA (Pesona karya Abadi) satu-satunya pihak swasta yang ditunjuk Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam pekerjaan ini,”ujar Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud yang memantau langsung jalannya rapat tersebut.

pt-pka
Pimpinan Direksi PT.PKA ketika menandatangani nota kesepahaman tekhnis Normalisasi

Dari pertemuan warga bersama pihak PT PKA di Aula Kantor Kecamatan Seginim, yang berlangsung selama dua hari, dari Kamis hingga hari ini Jumat (21/10/2016) itu menyepakati Normalisasi sungai Air Nipis dilanjutkan dengan syarat mengikuti kajian teknis yang sudah ada. Untuk pengangkutan material boleh dilakukan setelah hitungan progress pekerjaan hingga mencapai 30 persen. Hal ini diterima dan akhirnya disepakati bersama antara kedua belah pihak antara warga dan pihak PT PKA.

“Sesuai hasil kesepakatan bersama warga di aulah kantor Camat Seginim tadi, kami siap melaksanakan kembali pekerjaan normalisasi ini. Untuk pengangkutan material kami masih menunggu hitungan progress pekerjaan dari pengawas Dinas PU,” kata Direktur PT PKA Hengky Ertanoflin.

Ditambahkan Hengki, PT.PKA dalam hal menormalisasikan alur sungai air nipis telah mengerjakan pembuatan cekdam yang masih beberapa persen pengerjaannya, pembuatan tanggul serta pembuatan grif pengarah alur sungai air nipis yang juga masih dalam proses pengerjaan.(SAR)