Manna, Bengkulu Selatan; Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke tiga titik puskesmas di Bengkulu Selatan pada hari Selasa Kemarin (10/01).

Kedatangan Kepala Dinas Kesehatan bersama rombongan itu ke tiga titik pukesmas induk yaitu di Desa Talang Randai Kecamatan Bunga Emas, Puskesmas Sulau Kec.Kedurang Ilir dan Puskesmas Kedurang Kec.Kedurang merupaka wujud dari komitmen Menteri Kesehatan menuju Akreditasi untuk seluruh Puskesmas di Bengkulu Selatan pada 2019 yang akan datang.

Dari kunker tersebut, adanya temuan terhadap gedung rawat inappada Pukesmas Sulau yang dibangun pada tahun 2012 yang lalu sampai saat ini (10/01/2017) belum juga beroperasi dikarenakan aliran listrik belum masuk, instalasi air bersih belum ada. Sementara fasilitas untuk rawat inap pada puskemas tersebut sudah cukup memadai.

“Untuk menjadikan puskesmas itu terakreditasi ada tiga kategori yang harus dipenuhi yaitu Administrasi, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Dari ketiga kategori itu, tentu akan banyak perjuangan karena saat ini tenaga kesehatan di Puskesmas masih kurang, obat-obatan masih minim,”terang Redwan.

Kedepan, lanjut Redwan, pelayanan disetiap puskesmas harus lebih ditingkatkan, baik dalam bentuk fisik maupun non fisik. Seperti halnya pada puskesmas Kedurang, bangunannya yang kurang ideal sementara untuk tenaga kesehatan sudah cukup tinggal tenaga farmasi dan dokter gigi saja yang belum ada. (SAR)