Beberapa spesies Rafflesia tumbuh di hutan-hutan Asia Tenggara, semua dari mereka terancam atau hampir punah. Rafflesia arnoldii adalah yang terbesar, ukuran yang sangat besar yang mencapai diameter hampir satu meter dan beratnya bisa mencapai 11 kg. Tidak hanya itu bunga terbesar di dunia, itu adalah salah satu organisme yang paling aneh dan tidak mungkin di planet ini.

Besar, tebal dan indah, Rafflesia arnoldii menawarkan judul bunga terbesar di dunia dan dapat tumbuh hingga proporsi besar, dengan diameter bunga hingga satu meter (tiga kaki) dan berat lumayan hingga 11 kilogram (24 lbs). Ini mungkin tampak seperti hadiah yang besar untuk seseorang yang khusus kecuali bahwa itu dijuluki bunga bangkai dan bau seperti daging busuk, jadi tidak mungkin cukup menawan seperti yang diharapkan.

Tumbuhan Ini tidak memiliki daun, batang atau akar tetapi hidup sebagai parasit pada pohon anggur Tetrastigma, yang hanya tumbuh di hutan hujan tropis. Hanya bunga atau kuncup dapat dilihat, sisa tanaman yang ada hanya sebagai filamen dalam tidak terlihat. Mekar dan dikerubungi oleh lalat yang tertarik dengan aroma, yang menyerupai bangkai. Sehingga masyarakat sekitar Bengkulu menyebutnya dengan nama Bunga Bangkai.

Kehadiran bunga Rafflesia ini jarang terjadi dan cukup sulit untuk menemukan.  Hal ini sangat sulit untuk melihat mekar, kuncup mengambil beberapa bulan untuk mengembangkan dan mekar hanya berlangsung selama beberapa hari. Berapa banyak dari tanaman aneh masih bertahan tidak diketahui, tetapi yang terakhir dari bunga ini yaitu dapat diharapkan untuk menghilang sebagai hutan primer yang tersisa di Kalimantan dan Sumatera yang terbakar.

Kabar baiknya adalah bahwa ada upaya-upaya konservasi besar di tempat untuk melindungi habitat dari spesies Rafflesia sehingga generasi mendatang dapat menikmati pemandangan dan bau bunga terbesar di Bumi

Untuk alasan ini, ada minat yang besar dalam melestarikan situs Rafflesia daripada memberantas populasi yang ada (seperti halnya untuk berbahaya gulma tanaman parasit). Meskipun melestarikan sebanyak habitatnya mungkin akan menjadi cara paling sederhana dan paling jelas untuk melestarikan Rafflesia, Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk menyelidiki pertanyaan kunci yang akanmengharuskan Pemerintah Propinsi Bengkulu agar benar benar menjaga dan melestarikannya dari kepunahan bunga langka ini.

LEAVE A REPLY