Bengkulu Selatan, Bengkulu; Bupati Bengkulu Selatan (BS), H Dirwan Mahmud SH mengaku, pada tahun 2016 ini, pabrik pengolahan sengon menjadi triplek di BS segera berdiri. Bahkan saat ini, pihak raja sengon dari Wonosobo sudah mulai melakukan pembersihan lokasi.

“Saat ini pembersihan lokasi untuk pembangunan pabrik sedang dilakukan, isya allah tahun ini pabrik sengon mulai didirikan,”kata Bupati.

Menurut Dirwan, untuk lokasi pabrik, akan dibangun di tanah pemerintah di Desa Selali, Pino Raya depan SMKN 2 Selali. Adapun lahan yang disiapkan, sambung Bupati tidak kurang dari 5 hektar. Sehingga lokasi pembangunan pabrik tidak akan kurang.

“Jika sebelumnya lokasi pabrik direncanakan di Desa Lubuk Ladung, Kedurang Ilir, maka rencana itu kami batalkan dipindahkan ke Desa Selali, Pino Raya,” ujarnya.

Menurut Bupati, pemindahan lokasi tersebut, lantaran di Desa Selali, lahan milik pemda lebih luas, sehingga tidak harus mengganti rugi lahan warga. Disamping itu, lokasi tersebut juga sangat strategis dekat dengan Kabupaten Seluma dan Kota Bengkulu. Sehingga nanti, semua produksi sengon di Provinsi Bengkulu bisa ditampung dipabrik tersebut.

“Alasan pemindahan pabrik karena di Desa Selali, lokasinya lebih strategis,” imbuhnya.

Dengan segera dibangunnya pabrik sengon ini, Dirwan mengimbau warga yang sudah menanam sengon, agar tidak perlu khawatir. Sebab semua sengon yang sudah siap panen, akan ditampung untuk kemudian dibuat triplek.

“Setelah pabrik nanti beroperasi, semua sengon akan ditampung, sehingga saya harap tanaman sengon warga agar dijaga hingga pabrik beroperasi yang diperkirakan pertengahan hingga akhir 2017 mendatang,” demikian Dirwan.(SAR)