Artha Radio Bengkulu – Pada era tahun 80 an ketika radio belum berkembang seperti sekarang ini, salah satu andalan dari stasiun radio selain hiburan musik adalah Sandiwara Radio yang merupakan acara yang ditunggu tunggu oleh sebagian masyarakat pencinta dan pendengar setia radio.

Perkembangan dunia radio menjadi demikian pesat seiring kemajuan teknologi dari masa kemasa, dimana radio merupakan salah satu media yang pada jaman keemasan radio adalah salah satu media yang sangat mendapat perhatian masyarakat secara luas.

Kembali pada judul tulisan diatas, sandiwara radio menjadi bagian dari kehidupan sehari hari bagi pemirsa setia radio pada masa kejayaannya, banyak sekali pada era 80 – 90 an cerita sandiwara radio ini yang melegenda dan menjadi perhatian masyarakat luas diantaranya cerita Saur sepuh, Tutur Tinular, Misteri Gunung Berapi, Ibuku Malang, Ibu Tersayang, Seperti Tutur Tinular dan Babad Tanah Leluhur dan kalau di daerah Jawa Barat terkenal dengan sandiwara radio yang berjudul Si Rawing.

Sandiwara Radio adalah sebuah pertunjukan drama yang murni mengandalakan tampilan suara dan akustik yang disiarkan di radio atau media suara lainnya seperti kaset dan CD Karena tidak mengandung komponen visual, Sandiwara Radio mengandalkan dialog, musik dan efek suara untuk membantu para pendengar membayangkan penokohan dan jalan cerita.

Produksi Sandiwara di Radio
Produksi Rekaman Sandiwara Radio Dalam Sebuah Studio Rekaman

Sandiwara Radio mendapatkan popularitas selama dekade penyebarannya pada tahun 1920an. Pada tahun 1940an, Sandiwara Radio menjadi pemimpin dalam dunia hiburan internasional. Namun dengan munculnya media televisi pada tahun 1950an, acara ini mulai kehilangan pamornya dan di beberapa negara, tidak mendapatkan jumlah pendengar yang banyak seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun, rekaman OTR (old-time radio) masih bertahan hingga saat ini di beberapa arsip audio para kolektor dan museum. Di abad ke 21 terutama di Amerika Serikat, drama Radio kurang begitu disiarkan karena kurangnya pendengar. Namun, di negara-negara lain tradisi Sandiwara Radio masih bisa ditemui Di Inggris misalnya, masih memproduksi Sandiwara Radio yang digalakan oleh perusahaan berita BBC. Rekaman-rekaan dari radio tersebut kemudian disiarkan di berbagai stasiun radio seperti Radio 3, Radio 4, dan BBC Radio 7.

SI Rawing Pada masa sekarang drama radio hampir jarang terdengar diputar di stasiun radio, kemungkinan besar untuk era sekarang dikarenakan banyaknya media hiburan pilihan selain radio yang menyita perhatian masyarakat seperti Televisi, Media Online dan perangkat yang dugunakan oleh masyarakat modern sudah berbeda dengan masa lalu ketika sandiwara radio menjadi perhatian dan ditunggu oleh pendengar setianya.

Sandiwara radio sepertinya tinggal kenangan, namun begitu masih ada atau boleh dibilang masih banyak orang yang mencarinyadengan cara browsing untuk dapat men download sandiwara radio di internet, hal ini sebagian besar mereka ingin mendengarkan kembali kisah kisah legenda  untuk sekedar bernostalgia pada masa lampau.

 

incoming search terms:

  • daftar judul sandiwara radio
  • sandiwara radio
  • Download sandiwara radio
  • download sandiwara radio saur sepuh
  • daftar sandiwara radio

LEAVE A REPLY