Bengkulu Selatan, Bengkulu; Sekira pukul 09.00 WIB (04/8) bertempat di ruang rapat DPRD Bengkulu Selatan telah dilaksanakan rapat paripurna tentang jawaban Bupati BS, H. Dirwan Mahmud, SH terhadap Pemandangan Umum Fraksi-fraksi di DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun Anggaran 2016-2021. Jawaban tersebut disampaikan Sekda BS, Rudi Zahrial, SE mewakili Bupati BS karena pada saat itu Bupati sedang Dinas keluar kota. Rapat paripurna yang dipimpin wakil Ketua I DPRD BS Susman Hadi, Sp, MM di dampingi Ketua DPRD BS Yevri Sudianto, Wakil Ketua II Drs.Yunadi, dihadiri oleh seluruh anggota DPRD BS dan pejabat Esselon II dan III jajaran Pemda BS, dan Unsur FKPD BS.

bacakan jawaban bupDijelaskannya, fraksi PDIP, Bupati menyampaikan terima kasih atas perhatian Fraksi PDI Perjuangan, demikian pula perencanaan yang sifatnya teknis operasional. Melalui kesempatan ini perlu juga dijelaskan bahwa pengalokasian anggaran yang tertuang di dalam rancangan RPJMD merupakan alokasi anggaran indikatif minimal yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan ketersediaan pendapatan daerah. Penjelasan ini sekaligus menjawab pemandangan umum yang disampaikan oleh fraksi Kesatuan Pembangunan, Demokrat, FKPI, Golkar.

Sambung Rudi, di dalam rancangan RPJMD, telah dituangkan pada indikator kinerja daerah pada aspek daya saing dan penganggarannya dialokasikan melalui program pengadaan, peningkatan sarana dan prasarana rumah sakit ataupun pembangun infrastruktur, pertanian, pendidikan.

anggota DPRD BSDan terkait dengan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance), pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan sangat sependapat untuk memberikan ruang bagi aparatur sipil negara secara profesional dan terbuka dengan tetap mengedepankan etika birokrasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan berlaku. Hal ini sudah mulai diimplementasikan dengan mengadakan assessment test bagi pejabat Eselon II yang berlangsung di gedung pemuda Kota Manna beberapa hari yang lalu (03/8) termasuk diikuti oleh Sekda itu sendiri. Yang hasilnya nanti akan bermanfaat dalam pengambilan keputusan antara lain untuk menempatkan SDM aparatur pada tempat yang tepat, sehingga kinerja birokrasi khususnya dan kinerja pembangunan umumnya.

“Untuk periode lima tahun ke depan, pemerintah daerah menargetkan adanya peningkatan dari sebelumnya baik segi PAD, pembangunan, jasa, pertanian. Terima kasih atas semangat Fraksi untuk bersama-sama mendukung tumbuh berkembangnya ekonomi kreatif masyarakat. Karena dalam Rancangan RPJMD pemerintah daerah merencanakan untuk menempuh peningkatan kemajuan daerah,’’pungkas Rudi.(SAR)