Manna, Bengkulu Selatan; Dari rangkaian Seminar Kebangsaan yang digelar digedung Reptaloka Pemda Bengkulu Selatan, dengan moderator Jerly Biterfin dan para pemateri Sekretaris Dinas Dikbud Bengkulu Selatan Amir Sofyan, M.Pd, Senator Termuda Riri Damayanti John Latief, S.Psi selaku anggota DPD RI dari Provinsi Bengkulu, dan Plt.Kepala Badan Kesbangpol Siswanto, S.Sos, M.Si.

Dalam kesempatan perdana, Moderator meminta Plt.Kepala Badan Kesbangpol Siswanto, S.sos, M.Si untuk memaparkan materi yang berjudul “Kebijakan Pemerintah Daerah Di Bidang Bina Ideolgi dan Wawasan Kebangsaan”.

Disampaikan Siswanto, bahwa penting peran generasi muda dalam mensukseskan program pemerintah yaitu Mewujudkan Bengkulu Selatan Elok, Maju, Aman dan Sejahtera (EMAS).

Diawali dengan kata “Elok”, Bengkulu Selatan ini memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik dan layak untuk dikembangkan, hal ini sesuai dengan program pemerintah dalam Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (RIPDA).

“Ketika Pembangunan Pariwisata Daerah ini berjalan tentu Bengkulu Selatan akan lebih maju, dan akan menambah Pendapatan Asli Daerah seiring dengan banyaknya wisatawan lokal maupun manca Negara yang dating berkunjung untuk menikmati pemandangan alam obyek wisata Bengkulu Selatan,”terang Siswanto.

 

Dilanjutkan Siswanto, agar para pengunjung wisata di Bengkulu Selatan merasa tenang dan betah tentu juga harus diiringi dengan keamanan yang cukup baik. Kebijakan Pemerintah untuk menekan angka kenakalan remaja yang kerap melakukan mabuk-mabukan membuat Peraturan Daerah tentang larangan mengkonsumsi ataupun mengedarkan minuman Jenis Tuak, membatasi peredaran Lem dan Obat Batuk Jenis Komix yang sering disalah gunakan oleh para remaja untuk mabuk-mabukan.

“Artinya, keamanan itu harus dimulai dari membentengi diri sendiri untuk menghindari segala bentuk kejahatan yang dapat merusak pola pikir dalam kehidupan sehari-sehari,”demikian Siswanto.

Sementara itu, Riri Damayanti John Latief, S.Psi yang mendapat kesempatan kedua selaku pemateri mengambil judul “Peran Pemuda Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendukung Tumbuh Kembangnya Wawasan Kebangsaan.

“Kita Ketahui, Pancasila itu adalah sebagai Dasar Negara RI dan menjadi pandangan Hidup bagi Bangsa dan Negara, sebagai generasi muda kita harus dapat menunjukan eksistensi untuk kemajuan Bangsa Negara,”jelas Riri.

Menurut Riri, Globalisasi membawa serta ideology dunia yang mempengaruhi pola piker dan pola tindak warga masyarakat dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Akibatnya wawasan Kebangsaan yang menjadi keyakinan, jatidiri dan pegangan bagi rakyat secara perlahan tergerus oleh ideology asing.

“Oleh karena itu peran generasi muda sangatlah penting sebagai generasi penerus bangsa untuk menentukan bangsa ini kedepan nanti,”papar Riri.

Dan kesempatan ketiga, Amir Sofyan, M.Pd dengan materi yang berjudul “Peran Pemuda Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Bhineka Tunggal Ika Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara”.

“Mari kita awali dengan sama-sama menyimak dan memahami makna yang tersirat dari Lagu Ciptaan Kusbini yang Berjudul Satu Nusa Satu Bangsa, setelah itu baru akan menyampaikan sejarah singkat Bhineka Tunggal Ika dan Makna yang tersirat Dialamnya,”ujar Amir.

Dikatakan Amir Sofyan, bahwa Bhineka Tunggal Ika yang mengandung arti walaupun berbeda-beda tetap satu juga mempunyai makna yang sangatlah mendalam. Bangsa Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, ribuan bahasa, suku dan budaya tetap satu dibawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, UUD ’45, dengan lambang Negara Burung Garuda.

“Intinya Sikap Toleransi yang terkandung dalam Bhineka Tunggal Ika kiranya dapat ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari agar persatuan dan kesatuan bangsa ini tetap utuh dan kokoh,”kata Amir.

Kegiatan Seminar Kebangsaan yang diikuti oleh 100 orang peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa dan pemuda di Bengkulu Selatan berjalan dengan sukses hingga akhir kegiatan.(SAR)

incoming search terms:

  • materi seminar sehari tentang peran pemuda dalam mewujudkan pemerintahan yang baik