Bengkulu Selatan, Bengkulu; Segudang pretasi yang ditorehkan oleh pelajar SMANDA (Sebutan untuk SMA Negeri 2) Bengkulu Selatan untuk menngharumkan nama daerah baik itu ditingkat provinsi maupun ke tingkat nasional. Ini dibuktikan dengan 32 orang pelajar Smanda yang ikut kompetisi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang terpilih untuk mewakili Bengkulu Selatan dari tanggal 27 Agustus hingga 03 September 2016 di Bengkulu.

smundaBukan Hanya itu melalui event Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bidang olah vokal solo song putri Teresia Maria Silaen kelas XI IPA 1 dan bidang kriya diwakili oleh Riky Kharisma kelas XII IPA 1 yang telah berhasil memenangkan lomba tingkat Provinsi Bengkulu bebrapa waktu yang lalu. Sehingga kedua pelajar dari bidang yang berbeda ini berhak untuk mewakili Provinsi Bengkulu ketingkat nasional pada FLS2N yang akan diselenggarakan di Manado Sulawesi Utara.

Hal ini diutarakan Kepsek Tarman Haryadi, M.Pd melalui Wakil Kepala Sekola SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan bidang kesiswaan Surya Wicaksono, S.Pd yang biasa di panggil Seno mengatakan, prestasi yang ditorehkan oleh siswa untuk menharumkan nama sekolah dan nama besar Bengkulu Selatan ini tidak terlepas dari bimbingan orang tua dan guru yang selalu beperan aktif untuk mendidik anak menjadi berprestasi.

surya wicaksono, S.Pd“Guru dan orang tua mempunyai peran penting dalam hal untuk mendidik anak menjadi berprestasi, gigih dan mandiri sehingga Smanda ini menjadi satu-satunya sekolah “Rujukan” di Bengkulu Selatan,”terang Seno.

Prestasi yang diraih Smanda Bengkulu Selatan bukan hanya di bidang pendidikan dengan banyaknya siswa Smanda yang diterima di Universitas negeri tanpa melalui test tetapi juga di bidang olah raga, seni dan budaya yang cukup gemilang dengan di nobatkannya 2 orang guru muda sebagai pemuda pelopor budaya tahun 2016 Bengkulu Selatan yang akan berlaga di tingkat provinsi dalam beberapa hari kedepan.

“Pada event peringatan HUT RI ke 71, Smanda meraih juara 1 lomba gerak jalan indah, juara 2 pada pawai pembangunan yang kegiatan ini menggunakan dana sekolah dalam artian tidak menggunakan dana Osis. Termasuk ditunjuknya vokal group Smanda sebagai paduan suara saat Upacara peringatan HUT RI 71 yang di bimbing oleh Afrizal, S.Pd alias Ical,”jelas Seno.

Dan Smanda pada bulan Juni 2016 yang lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk menujuk SMANDA menjadi “Sekolah Rujukan” tingkat SMA di Bengkulu Selatan.(SAR)