Manna, Bengkulu Selatan; Untuk mencapai swasembada pangan dan meningkatkan produksi beras di Bengkulu Selatan, Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Tentara Nasional indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) akan mencetak 500 hektare sawah baru dalam satu hamparan.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Bengkulu Selatan Sri Hartati, SP, MM.

“Tahun Anggaran 2017 melalui APBN, Bengkulu Selatan mendapatkan dana sebesar Rp.8 Milyar untuk percetakan sawah baru seluas 500 hektare. Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakn oleh Korem 041 Gamas Bengkulu,”ujar Sri Hartati yang lebih akrab disapa Bunda Sri.

Rencana percetakan sawah baru seluas 500 hektare akan berlokasi di Desa Keban Jati Kecamatan Ulu Manna dengan harga satuan per hektare Rp.16 Juta. Dana untuk percetakan sawah baru ini ditransfer dari Kementerian Pertanian langsung ke rekening Korem 041 Gamas Bengkulu.

“Kita dari Dinas Pertanian Kabupaten melalui Bidang Sarana dan Prasarana hanya sebatas membantu pelaksanaan cetak sawah baru itu hingga selesai dan siap tanam, “papar Sri.

Diharapkan setelah nanti adanya percetakan sawah baru, produksi beras di Bengkulu Selatan akan meningkat sehingga dapat tercapai swasembada pangan dan sekaligus mensukseskan program Nawacita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk bidang Ketahanan Pangan.(SAR)