Bengkulu, Artharadio.com-Posko Pengaduan adalah aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Melalui website resmi Kemendikbud http://posko-pengaduan.itjen.kemdikbud.go.id/.
Anda tidak perlu khawatir terungkapnya identitas diri anda karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan merahasiakan identitas diri Anda sebagai Pelapor. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghargai informasi yang Anda laporkan.
Fokus kami kepada materi informasi yang Anda laporkan.
Pengaduan Anda akan mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur sebagai berikut: What: Perbuatan berindikasi pelanggaran yang diketahui, Where: Di mana perbuatan tersebut dilakukan, When Kapan perbuatan tersebut dilakukan, Who: Siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut, How: Bagaimana perbuatan tersebut dilakukan (modus, cara, dsb)
Adapun cara pelaporan
Klik tombol “Login”, lalu isikan Username dan Password Anda, Jika Anda belum terdaftar, maka klik tombol “Register” dan isikan data diri Anda lalu klik tombol “Submit”, maka Anda akan otomatis login ke Aplikasi, Buat Nama Samaran (Username) dan Kata Sandi (Password) yang Anda ketahui sendiri, Gunakan nama yang unik dan tidak menggambarkan identitas Anda, Klik menu “Pengaduan” untuk merekam pengaduan baru.Isi form Tambah Pengaduan sesuai informasi yang Anda ketahui, lalu klik tombol “Lanjut”, Jika Anda memiliki bukti dalam bentuk file seperti foto atau dokumen lain, silakan dilengkapi di halaman pengaduan, caranya:
Setelah membaca petunjuk untuk menyertakan lampiran, klik kotak kecil di bawah petunjuk tersebut, dan lanjutkan prosesnya, Setelah selesai mengisi, silakan klik tombol “Kirim” untuk melanjutkan atau klik tombol “Hapus” untuk membatalkan proses pelaporan Anda. (red)