Manna, Bengkulu Selatan; Surat Keputusan (SK) Bupati Bengkulu Selatan Nomor : 450/582/Tahun 2016 tentang Pengumpulan dan Penetapan Besaran Zakat, Infaq, Sadaqah (ZIS) Dalam Kabupaten Bengkulu Selatan.

sk-bup
SK Bupati Bengkulu Selatan Nomor:450/582/Tahun 2016

Pada Poin Kesatu, Aparatur Sipil Negara/Pekerja Profesional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Instansi Vertika, Anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMD/BUMN dan Anggota DPRD dalam Kabupaten Bengkulu Selatan serta Pensiunan PNS/TNI/Polri yang Beragama Islam dengan penghasilan sudah mencapai Nisab (setara dengan 524 Kg Beras) untuk menunaikan kewajibannya membayar zakat Penghasilan/Profesinya sebesar 2,5 % dari gaji/honor yang tertera pada daftar gaji/honor serta penghasilan yang sah lainnya setiap bulan.

Hal ini disampaikan Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH yang di dampingi Asisten I Yunizar Hasan ketika usai acara yang digelar oleh BAZNAS Bengkulu Selatan di gedung Reptaloka Pemda. Pemotongan Gaji tersebut akan mulai berlaku pada 1 November 2016 dengan besaran yang sudah ditetapkan.

sk-bup-2

“Sesuai dengan SK tersebut, maka bagi PNS, Anggota TNI dan POLRI, serta seluruh PNS pada instansi vertikal, BUMN/BUMD dan pensiunan PNS, TNI dan POLRI yang beragama Islam dan memiliki gaji sudah mencapai Nisab, maka wajib untuk membayar zakat,”terang Bupati.

Adapun isi dari SK nomor :450/582/Tahun 2016 pada poin kedua dari putusan tersebut, Bagi Aparatur Sipil Negara/ Pekerja Profesional di Lingkungan Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan, Instansi Vertikal, Anggota TNI/Polri, Pegawai BUMD/BUMN dan Pensiunan PNS/TNI/POLRI yang berpenghasilan belum Mencapai Nisab dipungut Infaq atau Sadaqahnya setiap bulan dengan besaran :

a. Gaji/Penghasilan 2-3 Juta/bulan sebesar : Rp.5000,-
b. Gaji/Penghasilan 3-4 Juta/bulan sebesar : Rp.10.000,-
c. Gaji/Penghasilan 4 Juta Keatas sebesar : Rp.15.000,-

sk-bup-3

Sementara untuk pengumpulan dana ZIS tersebut diatur dalam SK Bupati Nomor :450/582/Tahun 2016 pada poin ke tiga bahwa pengumpulan dana ZIS dilakukan melalui Bank penyalur gaji masing-masing SKPD, Dinas atau Instansi, Kemudian di setor ke Rekening BAZNAS.

“Untuk mereka yang gajinya belum mencapai nisab maka mereka di minta untuk membayar Infaq dan Sadaqah saja sesuai dengan penghasilan mereka masing-masing,”lanjut Bupati.

Diterangkan Bupati, untuk mengoptimalkan dalam pengumpulan dana ZIS ini maka setiap dinas Instansi membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Dan UPZ ini bertugas untuk menyampaikan laporan dana ZIS yang terkumpul pada instansi masing-masing setiap bulan kepada BAZ/BAZNAS Bengkulu Selatan dengan tembusan BAZNAS Provinsi Bengkulu, dan Bupati Bengkulu Selatan melalui bagian Kesra dan Kemasyarakatan SETDA Bengkulu Selatan.(SAR)

incoming search terms:

  • daftar gaji honorer sma 6 bengkulu selatan
  • Pegawai pertanian pensiun 2017 bengkulu selatan
  • tpp pns bengkulu selatan