Novianto, S.Sos,M.Si,Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Selatan(Fhoto Istimewa)

Manna,Bengkulu Selatan; Terkait persoalan Full Day School (FDS) yang telah dilakukan oleh sekolah di Bengkulu Selatan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan SMP yang telah berjalan lebih kurang satu bulan, hari ini (31/08) Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Dinas DIKBUD) Bengkulu Selatan melakukan rapat bersama dengan para kepala Sekolah SD dan SMP, Pengawas serta UPTD di jajaran Dinas DIKBUD Bengkulu Selatan.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Dikbud Bengkulu Selatan Novianto, S.Sos, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Syofian Anshori, S.Pd, Kabid Pembinaan Tenaga Kependidikan, Pengawas.

“Hari ini kita akan membahas tentang pelaksanaan FDS yang akan kita kembalikan lagi menjadi 6 hari Sekolah dan 6 hari kerja,”ujar Novianto.

Dijelaskannya, bahwa FDS telah dilaksanakan oleh setiap SD dan SMP di Bengkulu Selatan, namun sekarang ini akan kita sepakati secara bersama-sama untuk dikembalikan ke 6 hari sekolah.

“Namun sebelum kita sepakati,kita akanmendengarkan pendapat dari para Kepala Sekolah terkait hal ini,”jelas Novianto.

Perjalan rapat yang banyak terjadi silang pendapat terhadap 5 hari sekolah atau 6 hari sekolah sehingga membuat rapat yang dipimpin Kepala Dinas Dikbud ini agakmemakan waktu.

“Nah sekarang kita telah mendengarkan bersama pendapat dari para Kepala Sekolah, untuk itu kita akan memilih antar dua opsi tersebut dengan berbagai alasan yang telah dikemukakan,”papar Novianto.

Sehingga diperoleh kesimpulan dua opsi ini, 5 hari sekolah dan 6 hari sekolah boleh dilaksanakan dengan catatan para Kepala Sekolah harus melakukan Rapat dengan para Dewan Guru di Sekolah Masing-masing.

“Mayoritas mendukung untu 6 hari Sekolah,namun masih ada beberapa Sekolah yang tetap ingin melaksanakan 5 hari sekolah, sehingga disepakati 5 atau 6 hari sekolah silahkan dilaksanakan dengan catatan hal ini harus di musyawarahkan dengan para guru di Sekolahnya masing-masing,”tegas Novianto.

Sementara itu Wakil Kepala SD Negeri 1 Bengkulu Selatan Zetman, S.Pd pada kesempatan itu mengatakan siap mendukung mengikuti segala keputusan rapat hari ini.

“Yang harus diperhatikan itu peserta didik kita disekolah, Nampak sekali anak-anak kita disekolah itu sudah terlalu letih untuk mengikuti pelajaran yang dari pagi hingga sore, bahkan ada anak-anak yang mengusulkan ke orang tuanyauntuk berhenti sekolah karena belum sanggup mengikuti 5 hari sekolah. Namun demikian, Kami tetap akan mengikuti segala kesepakatan yang telah kitalakukan hari ini,”demikian Zetman.(SAR)