Manna, Bengkulu Selatan; Setelah Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH mengambil keputusan terhadap ulah oknum Kades Selali Akabli Zuriwan yang menyerahkan sepenuhnya kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Selali, membuat warga Desa Selali kecewa dengan adanya tebang pilih yang dilakukan Bupati Terhadap Kades yang melakukan perselingkuhan.

Sehingga 4 perwakikan warga Desa Selali, yakni Apsun, Rihiman, Lius dan Sabudin menyambangi kantor Bupati BS dan DPRD BS.

“Kami datang ke Pemda dan DPRD BS kecewa dengan sikap Bupati yang menyerahkan nasib kades kami ke BPD,” ujar Apsun yang diamini 3 rekannya.

Namun sayangnya, kedatangan mereka ke kantor Bupati hanya berhasil bertemu dengan stafnya, karena Bupati BS masih Dinas ke Luar Kota. Kemudian ke-4 warga Selali ini mendatangi DPRD BS dan bertemu dengan beberapa anggota DPRD BS. Apsun menyampaikan, kedatangannya memenui Bupati ingin mempertanyakan alasan Bupati yang menyerahkan nasib kades ke BPD. Sedangkan kades lainnya yang terbukti berselingkuh dengan istri orang langsung dipecat.

“Yang menjadi pertanyaan kami kok kades Padang Serasan yang terbukti selingkuh langsung dipecat, sedangkan kades kami tidak,” ujar Apsun.

Hal hampir senada juga disampaikan Lius, dengan diserahkannya nasib Kades ke BPD oleh Bupati semakin jelas tujuannya yakni Bupati ingin tetap mempertahankan Akbali Zuriwan sebagai kades. Sebab BPD Selali tersebut merupakan keluarga dan teman kades. Sehingga diperkirakan tidak akan memberikan rekomendasi pada Bupati agar kades mereka dipecat.

“Kalau sudah diserahkan ke BPD artinya kades kami tidak akan dipecat, hal itu terbukti kades Palak Bengkerung yang setelah nasibnya diserahkan ke BPD hingga saat ini tidak dipecat,” cetus Lius dengan nada kekesalannya.

Sementara itu, Ketua DPRD BS, Yevri Sudianto ikut mempertanyakan keputusan Bupati terhadap kades tersebut. Menurutnya, jika memang dari laporan hasil pemeriksaan (LHP) inspektorat ternyata kades terbukti selingkuh, maka Bupati harus memecatnya sama seperti kades padang Serasan. Sehingga dengan adanya keputusan Bupati yang menyerahkan nasib Kades Selali ke BPD, terkesan jika Bupati tebang pilih dalam pemberhentian kades yang selingkuh.

“Kalau kades Padang Serasan dipecat karena terbukti selingkuh, maka Kades Selali juga harus dipecat jika terbukti selingkuh, saya harap Bupati tidak pilih kasih,” ujar Yevri.

Sekedar mengingatkan, Minggu (21/8), kades Selali diduga digerebek warga sedang berduaan dengan istri orang di kamar nomor 3 salah satu hotel di Kota Manna. Kades membantah jika saat itu dirinya bersama istri orang dikamar hotel. Namun warga yang menggerebeknya, yakni Heri memastikan jika dirinya yang mengggerebek kades bersama istri orang dalam kamar hotel tersebut. Bahkan dirinya sudah menyerahkan bukti-bukti penggerebekan tersebut ke inspektorat.(SAR)