Manna, Bengkulu Selatan; Niat Pemerintah ingin mengembalikan Bengkulu Selatan sebagai Daerah Swasembada Pangan ini akan terwujud. Hal ini dibuktikan dengan telah ditanda tanganinya kontrak kerja sama antara Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan yang dalam hal ini ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Darmawan, SE dengan Komandan Korem 041 Gamas Bengkulu Kol.Inf.Andi Muhamad.

Perjanjian kerjasama tertuang dalam surat perjanjian dengan Nomor : SPK/CS/01/DISTAN/2017 dan Nomor : B/II/I/2017 yang menetukan untuk percetakan sawah seluas 500 hektare di wilayah Bengkulu Selatan.

Sri Hartati, SP Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Bengkulu Selatan ketika dikonfirmasi mengatakan, penandatangan perjanjian kerjasama antara PPK Distan dan Danrem 041 Gamas sudah dilaksanakan pada 04 Januari 2017 yang lalu dengan luas lahan cetak sawah 500 hektare di Desa Keban Jati Kecamatan Ulu Manna Lokasi 1 Air Kurauan 178 Ha, Lokasi 2 Air Nindaian 116 Ha, Desa Muara Tiga Ilir Kecamatan Kedurang 69 Ha, Desa Gunung Ayu Kecamatan Seginim 137 Ha.

“Ada 4 titik lokasi untuk percetakan sawah di Bengkulu Selatan. Dari 4 titik lokasi ini total luas lahan yang akan menjadi sawah percetakan seluas 500 ha,”terang Sri.

Dilanjutkan Sri, setelah dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama, selanjutnya akan dilakukan survey kembali untuk persiapan percetakan sawah. Dan untuk diketahui bahwa seluruh lahan yang akan dijadikan sawah merupakan milik warga Bengkulu Selatan.

“Lahan 500 Ha itu semuanya milik warga Bengkulu Selatan, dan bila nanti sudah di jadikan sawah maka sawah tersebut milik yang bersangkutan. Dengan harapan ini bisa dimanfaatkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat dan menjadi salah satu tolak ukur untuk menjadikan Bengkulu Selatan Daerah Swasembada Pangan,”demikian Sri.(SAR)