Bengkulu Selatan, Bengkulu; Kemarin (22/8) tersangka (tsk) As (30) warga Desa Way Halom, Kecamatan Buwaimadang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan yang dibekuk, Selasa (24/5) dini hari di Tanjung Sakti, saat ini menjadi tahanan pihak kejaksaan Negeri BS. Pasalnya As terlibat sebagai pelaku pencurian mobil Toyota Avanza BD 1474 AV milik Mir Dahlan (53) warga jalan A Yani, kelurahan Ibul, Kota Manna. Mobil tersebut ditemukan di Tanjung Sakti, pagi itu juga.

“Saat ini berkas perkara tersangka pencurian mobil sudah dinyatakan lengkap (P21), tersangka dan barang bukti sudah kami limpahkan ke jaksa penuntut umum (JPU), kata Kapolres BS, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK melalui Kasat Reskrim, Iptu Rizqi Akbar yang disampaikan oleh KBO Reskrim, IPDA R Ginting.

Menurut Ginting, pada saat itu sebenarnya bukan hanya Mir Dahlan yang kehilangan mobil, akan tetapi ada warga lain yakni Laskardi (53) warga jalan Gunung Ayu, Kelurahan Gunung Ayu, Kota Manna, kehilangan satu unit mobil Kijang Inova BD 1365 SZ dan juga ada warga Desa Selali, Pino Raya yang kehilangan mobil Suzuki Futura Pick Up. Hanya saja kepada penyidik As pasang badan dan tidak mau menyebutkan teman-temanya yang terlibat dalam pencurian tersebut. Sehingga hanya As yang berhasil ditangkap.

“Yang bersangkutan selalu bungkam, sehingga pelaku lainnya belum berhasil kami ungkap,” ujar R.Ginting.

Sementara itu JPU, Tomy Purnama SH mengaku sudah menerima penyerahan tersangka dan berkas pemeriksaannya. Adapun tersangka tetap ditahan demi memudahkan proses persidangan.

“Tersangka kami tahan, saat ini berkas sedang kami pelajari, kemudian dilimpahkan ke Pengadilan Negeri untuk mendapatkan jadwal sidang perdana,” ujar Tomy.

Sekedar mengingatkan, Selasa (24/5) sekitar pukul 01.00 WIB, Polres BS mendapat laporan ada pencurian mobil. Setelah itu, anggota Polres menghubungi Mapolsek Tanjung Sakti, Lahat, Sumatera Selatan. Kemudian bersama warga BS dan korban, langsung melakukan pengejaran, hingga akhirnya mobil Avanza ditemukan dijurang dekat jembatan Tanjung Sakti, sedangkan Mobil Inova ditemukan dipinggir jalan di Desa Pulau Timun, Pagar Alam. Lalu pengejaran pelaku dilanjutkan, Sekitar pukul 03.00 WIB, di Desa Pulau Panas, As berada dipinggir jalan sedang menunggu mobil, saat ditanya warga mengatakan mobilnya rusak. Hanya saja saat itu As gelisah, warga langsung menaruh curiga dan kemudian menangkap serta menyerahkan yang bersangkutan ke Mapolsek Tanjung Sakti.(SAR)