suzukaSebastian Vettel kembali memperlihatkan keperkasaannya dengan memenangi balapan di Formula One (F1) Jepang. Meski begitu, pembalap asal Jerman ini belum dapat memastikan gelar juaranya.

Tambahan 25 poin membuat Vettel semakin nyaman di puncak klasemen dengan mengumpulkan 297. Sementara itu, Fernando Alonso menunda gelar juara mantan pembalap Toro Rosso itu karena mampu finis di urutan keempat.

Jalannya Balapan
Para pembalap sempat mengheningkan cipta untuk mengenang Maria de Villota yang meninggal Kamis kemarin. Romain Grosjean memulai balapan dengan baik. Pembalap Lotus itu mampu merebut posisi terdepan dari Mark Webber, Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton. Sementara, mobil Hamilton terlihat mengalami sedikit masalah pada awal balapan.

Pada lap kesembilan, pembalap asal Inggris itu memutuskan untuk tidak melanjutkan balapan. Dengan demikian, Hamilton tidak bisa membawa pulang poin dari balapan di Jepang, sebuah hasil mengecewakan untuk Mercedes. Lap 13, Grosjean memutuskan untuk masuk ke pitstop. Keadaan ini tidak mampu dimanfaatkan Webber untuk merebut posisi depan. Setelah itu, Vettel terus berusaha mengejar posisi Grosjean dan Webber.

Usaha Vettel yang sempat tertinggal 2,5 detik dari pembalap asal Australia itu, akhirnya tidak sia-sia. Pada lap 26, Vettel berhasil unjuk gigi dan menyalip rekan setimnya itu. Kini, pembalap asal Jerman berusaha untuk mengejar Grosjean.

Vettel berhasil melewati Grosjean pada lap ke-31. Sementara itu, perlahan Alonso mulai menapak naik. Saat ini, pembalap Ferrari itu berada di urutan keempat di belakang Vettel, Webber dan Webber.

Baby Schumi –julukan Vettel- berusaha untuk menjauh dari kejaran kedua pembalap di belakangnya. Pada lap 37, Webber berhasil melewati Baby Schumi untuk merebut posisi terdepan. Tidak lama kemudian, Vettel masuk pitstop kedua dan keluar dengan berada di belakang Grosjean.

Setelah ganti ban, kecepatan mobil Vettel semakin kencang. Pada kap 41, Baby Schumi memperlihatkan mental juaranya dengan melewati mobil Grosjean. Webber yang sedang memimpin, memutuskan untuk masuk pitstop. Baby Schumi mampu memanfaatkan keadaan ini untuk merebut posisi depan.

Sedangkan Webber, semakin mempertegas kejayaan Red Bull setelah berhasil menyalip Grosjean pada lap terakhir untuk merebut posisi kedua. Dengan demikian Vettel keluar sebagai pemenang. Disusul Webber, Grosjean, Alonso dan Raikkonen.

Hasil lengkap Grand Prix Jepang
Posisi Pembalap Negara Tim Lap Catatan Waktu
1. Sebastian Vettel Germany Red Bull-Renault 53 laps 1hr 26m 49.301s
2. Mark Webber Australia Red Bull-Renault +00m 07.1s
3. Romain Grosjean France Lotus-Renault +00m 09.9s
4. Fernando Alonso Spain Ferrari-Ferrari +00m 45.6s
5. Kimi Raikkonen Finand Lotus-Renault +00m 47.3s
6. Nico Hulkenberg Germany Sauber-Ferrari +00m 51.6s
7. Esteban Gutierrez Spain Sauber-Ferrari +01m 11.6s
8. Nico Rosberg Germany Mercedes-Mercedes +01m 12.0s
9. Jenson Button Britain McLaren-Mercedes +01m 20.8s
10. Felipe Massa Brazil Ferrari-Ferrari +01m 29.2s
11. Paul di Resta Britain Force India-Mercedes +01m 38.5s
12. Jean-Eric Vergne France Toro Rosso-Ferrari +1 lap
13. Daniel Ricciardo Australia Toro Rosso-Ferrari +1 lap
14. Adrian Sutil Germany Force India-Mercedes +1 lap
15. Sergio Perez Mexico McLaren-Mercedes +1 lap
16. Pastor Maldonado Venezuela Williams-Renault +1 lap
17. Valtteri Bottas Finland Williams-Renault +1 lap
18. Charles Pic France Caterham-Renault +1 lap
19. Max Chilton Britain Marussia-Cosworth +1 lap

Gagal Finis
Rtd Lewis Hamilton Britain Mercedes-Mercedes 7 laps completed
Rtd Giedo van der Garde Holland Caterham-Renault 0 laps completed
Rtd Jules Bianchi France Marussia-Cosworth 0laps completed

Sumber : sport.okezone.com

LEAVE A REPLY