Manna, Bengkulu Selatan; Setelah berhasil menormalkan saluran irigasi di Seginim, kali ini Wakil Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulayadi, SE, MMkembali beraksi memimpin tim untuk menormalkan saluran irigasi air Selebang Kecamatan Kedurang.

Walaupun sempat menuai protes dari pemilikkolam air deras, Wabup dan tim tetap melakukan pembongkaran terhadap scot balok milik warga untuk kolam air deras.

“Memang ada warga pemilik kolam air deras yang protes, namun setelah kita jelaskan dan diberi pengertian warga tersebut paham,”uajr Wabup.

Penertiban saluran irigasi air Selebang dumulai dari Desa Palak Siring Kecamatan Kedurang. Puluhan Scot Balok milik warga yang menyalahi aturan langsung dibongkar. Tim penertiban terdiri dari Satpol PP, polisi, TNI, petani sawah terutama bagian hilir bersama wabup dan SKPD teknis, menyusuri saluran irigasi Air Selebang.
“Hal ini penting dilakukan, terbukti di Seginim, sawah yang di hilir sudah terairi secara maksimal. Begitu juga disepanjang saluran iorigasi air Selabang ini, dilakukan penertiban ini guna untuk mengaliri sawah warga Kedurang secara maksimal,”papar Wabup.

Dilaterangkan Gusnan, Petani sawah yang paling hilir dari saluran irigasi Air Selabang kerap mengeluhkan kekeringan yang terjadi akibat air dari saluran irigasi Air Selabang tidak mengalir dengan maksimal hingga kehilir saluiran irigasi.

Dengan adanya kesulitan air ini sehingga mengakibatkan petani sawah bealih fungsi terhadap lahan persawahan milik mereka. Maka ketika ditemukan adanya scot balok yang terlalu tinggi, TIM akan membongkar scot balok tersebut.

“Saluruan irigasi itu dibangunj untuk mengalirkan air ke persawahan bukan untuk kolam air deras,”tegas Wabup.(SAR)