Bengkulu Selatan, Bengkulu– Masyarakat yang tinggal diwilayah Kota Manna khususnya warga Desa Air Kemang, Pino Raya kelukan binatang jenis lalat yang mulai menjamur. Akibat kandang ayam yang kurang terawat kebersihan lingkungannya. Karena kalau terus berlarut tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan berbagai penyakit. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Bengkulu Selatan (BS) Gusnan Mulaydi, SE, MM, kemarin (31/8) saat mengunjungi tempat kandang ayam.
“Saat ini warga sudah mulai resa terhadap kandang ayam. Karena menimbulkan lalat yang sudah banyak hingga menjamur,”katanya.
Dikatakannya, lalat banyak akibat kandang ayam yang diduga warga kurang diperhatikan kebersihannya. Namun sebaliknya walaupun kandang ayam bersih dan saat panen juga mengundang lalat. Tapi agak berkurang jika kandangnya bersih. Untuk diharapkan pada pemilik kandang ayam dapat membersikan kandang ayamnya. “Akibat kandang ayam yang kotor lalat semakin banyak apalagi dimusim panen,”ujarnya.
Lanjutnya, kalau ahal tersebut dibiarkan, warga setempat sudah mulai resa.
Pasalnya warga akan mengancam dan menutup kandang ayam yang sudah menimbulkan banyak lalat berkeliaran ditempat kediamannya. “Kalau masih dibiarkan warga akan bertindak sendiri dan mengancam akan melakukan hal yang tak diinginkan terhadap kandang ayam,”pungkasnya.
Sementara warga yang tinggal di Desa ketaping juga dari dulu mengelukan binatang lalat menjamur akibat kandang ayam. Apalagi dimusim panen lalat semakin banyak bahkan dirumah warga menjadi tempat berkumpul lalat yang kurang terawat. “Ia lalat di desa kami juga banyak apalagi musim panen. Karena didesa setmpat ada tiga kandang ayam,”kata Kepala Dusun (Kadus) Badri (65) belum lama ini. (sar)