Manna, Bengkulu-Tahun ajaran baru ini akan mulai diterapkan program pendidikan gratis dan tentunya tidak lama lagi Penerimaan Siswa Baru (PSB) di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) akan dimulai. Sekolah diingatkan untuk tidak menerima siswa melebihi kuota dan jangan ada sogok menyogok dalam proses penerimaan siswa baru.

“Sekolah jangan terima murid melebihi kapasitas kuota sekolah. Biasa ini terjadi pada sekolah favorit atau sekolah yang banyak diminati. Nanti imbasnya orangtua disuruh menyumbang untuk membangun gedung atau membeli kursi. Kasihan dengan sekolah lain,” ujar Wabup BS, Gusnan Mulyadi, SE, MM.

Ditegaskan Wabup, dengan adanya sekolah yang menerima siswa melebihi kapasitas, khawatir bisa matikan sekolah negeri lain dan sekolah swasta di BS. Untuk itu sekolah dilarang menerima siswa melebihi kapasitas. Bila ada indikasi sogok menyogok, masyarakat yang mengetahuinya harap lapor ke polisi atau kepada dirinya. “Saya akan tindak kalau masih ada sekolah menerima sogok dalam penerimaan siswa baru. Sanksinya Kepsek bisa dicopot dari jabatan,” pungkas Wabup.(dc)