Manna, Bengkulu- Warga Desa Gunung Megang Kecamatan Bunga Mas, mengeluhkan keberadaan kandang ayam potong di belakang dusun mereka. Pasalnya, selain menimbulkan bau tak sedap, kandang ayam itu juga menimbulkan banyaknya lalat yang beterbangan.

“Akibat kandang ayam di desa kami, seringkali kami mencium bau tak sedap dari kandang itu dan banyak sekali lalat beterbangan masuk rumah,” keluh Sapilin (38), warga setempat pada Radio Artha

Suharman mengungkapkan, kandang ayam potong itu jumlahnya 3 unit, berfungsi untuk pembesaran ayam. Setiap tahun masa panen 3 hingga 4 kali. Hanya saja saat panen, lalat sangat banyak. Akibatnya, kalau tempat makanan ataupun tempat air tidak ditutup, akan dimasuki dan dihinggapi lalat. Sebab itu ia berharap, pemda dapat menertibkan kandang ayam tersebut.

“Bukan maksud kami untuk menutupnya, kami hanya minta agar pemda bisa memberikan pembinaan supaya beradaan kandang ayam tidak menimbulkan lalat, sebab saat ini semua makanan dan minuman yang tutupnya kurang rapat selalu dihinggapi lalat,” harap Sapilin (dc)