Bengkulu Selatan, Bengkulu; Masih dalam rangkaian peringatan HUT RI Ke 71 tahun 2016. Usai pelaksanaan Upacara di lapangan sekundang setungguan Bupati Bengkulu Selatan yang didampingi Wakil Bupati BS Gusnan Mulyadi, SE.MM bersama rombongan FKPD, para asisten dan kepala SKPD melaksanakan acara tabur bunga di taman makam pahlawan SEMAKU Bengkulu Selatan. Bupati dan rombongan menuju Rumah tahanan (rutan) kelas II B Manna untuk menghadiri sekaligus memberikan surat Remisi kepada warga binaan rutan kelas II B Manna.

Kepala Rutan Kelas II B Manna Soni Sopyan dalam kata sambutannya mengatakan, Rutan kelas II B Manna mempunyai kapasitas sebanyak 100 orang, sementara saat ini jumlah Nara Pidana (napi) dan warga binaan sebanyak 225 orang dan ini sudah over kapasitas sebanyak 125 orang. Napi sebanyak 170 orang dengan 165 orang laki-laki, 5 orang perempuan. Warga binaan sebanyak 55 orang yang terdiri dari 53 orang laki-laki dan 2 orang perempuan.

Lebih lanjut Soni mengatakan, terkait soal remisi akan diberikan untuk warga binaan dan napi. Khusus untuk remisi napi narkoba dan tindak pidana korupsi sebanyak 11 orang masih menunggu persertujuan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia karena terkait PP Nomor 99 tahun 2015,”terang Soni.

Warga binaan Rutan kelas II B Manna yang mendapatkan remisi 5 bulan sebanyak 4 orang, remisi 4 bulan sebanyak 20 orang, remisi 3 bulan sebanyak 25 orang, remisi 2 bulan sebanyak 41 orang dan remisi 1 bulan sebanyak 52 orang, hingga total sebanyak 142 orang.

Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH sebelum membacakan kata sambuta Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia, Bupati Dirwan memberikan semangat kepada warga binaan untuk tidak berkecil hati karena menjalani hukuman.

“Sebagai warga binaan di rutan kelas II B Manna jangan berkecil hati dalam menjalani masa hukuman, karena saat ini kalian sedang ditegur oleh Allah SWT. Dan insya allah setelah bebas nanti kalaian akan menjadi lebih baik,”ujar Bupati.(SAR)