Manna, Bengkulu; Sejak dilantik oleh Bupati Bengkulu Selatan pada 03 mei 2014 yang lalu menjadi Camat Kota Manna, Asih Kadirinah, S.pd, M.pd tidak henti-hentinya berbuat untuk kemajuan Kecamatan Kota Manna baik di bidang pelayanan maupun dibidang sosial lainnya. Sebagian Perizinan untuk kepengurusannya sudah dilimpahkan ke Kantor Camat Kota Manna. Misalnya izin usaha (HO), atau Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD).
Lebih kurang 1 tahun menjadi Camat Kota Manna Asih Kadirnah, S.pd, M.pd menjadikan kantor camat sebagai pioner di Bengkulu Selatan untuk Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) . Sesuai dengan PERMENDAGRI no.14 tahun 2014 tentang pedoman pelayanan administrasi terpadu kecamatan, dan Keputusan Menteri Dal;am Negeri nomor 138-270 tahun 2010 tentang petunjuk tekhnis PATEN.
“Memang sejak 1 juni 2015 yang lalau kantor Camat Kota Manna menjadi pioner di kabupaten Bengkulu Selatan untuk Paten. Tapi sebenarnya kita sudah dari tahun 2014 melakukan reformasi pada bidang pelayanan bagi masyarakat,” ucap Camat Kota Manna Asih Kadarina, S.pd, M.pd yang lebih akrab di panggil Rina ini.
Dari sisi manfaatnya, memang sangatlah bermanfaat bagi masyarakat, karena tidak perlu terlalu panjang dan susah untuk urusan perizinan usaha (HO) cukup sebatas Kantor Camat Kota Manna saja bagi masyarakat yang mempunyai usaha kecil dan menengah. Kantor Camat merupakan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat warga Kecamatan Kota Manna yang memiliki usaha kecil agar kiranya dapat segera mengurus HO atau izin usaha dan NPWPD di kantor Camat Kota Manna,” tutur Rina.
Lebih lanjut Rina Mengharapkan adanya perhatian khusus pemerintah daerah terhadap sarana dan prasarana PATEN di kantor Camat, bukan hanya di Kota Manna tetapi setiap kecamatan di Bengkulu Selatan agar pelayan bagi masyarakat bisa lebih dioptimalkan lagi,”tutup Rina.(SAR)