Manna, Bengkulu; Untuk mengatasi terjadinya pencopetan dan penjambretan pentingnya untuk berhati-hati, terlebih memasuki lebaran Idul Fitri. Hal ini sebagaimana yang diutarakan aparat kepolisian Mapolres Bengkulu Selatan kepada awak media  yang disampaikan langsung Kabag Ops Nurzaini Toha.

Dijelaskan Toha, menjelang lebaran dan musim liburan dihimbau kepada masyarakat untuk berhati – hati terlebih saat membawa barang, hendaknya memperhatikan keamanan saat berada di lokasi keramaian. Yang perlu diwaspadai pelaku copet dan jambret, sebab keramaian menjadi sasaran jambret dan copet. Dengan cara jangan menggunakan perhiasan mencolok yang nantinya justru bisa mengundang pelaku kejahatan. Selain itu, kalau di area parkir sebaiknya barang berharga jangan disimpan di dalam kendaraan. Begitupun pada kendaraan agar jangan lupa kunci kendaraan,’’terangnya.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi akan copet dan jambret dengan cara tampil sederhana, sebab pelaku jambret biasannya mengincar korban yang berpenampilan nyentrik. Sebisa mungkin gunakan pakaian yang sederhana bila mengunjungi tempat-tempat umum yang ramai. Dan untuk terhindar dari pembiusan, jangan menerima minuman atau makanan yang ditawarkan orang yang baru dikenal. Begitupun dompet sebaiknya jangan ditaruh di saku. Simpan uang secukupnya saja di saku baju. Apabila hal itu dilakukan yakinlah terhindar dari pelaku kejahatan jambret atau pun copet,’’pungkas Nurzain.(SAR)