Ony Lufti Ketua LSM Topan RI Wilayah Bengkulu Selatan

Manna, Bengkulu Selatan; Setelah berakhirnya masa jabatan Ir.H. Nurmansyah Samid sebagai Penjabat Sekretaris Daerah pada Tanggal 16 juni 2018 lalu, pada Tanggal 17 Juni 2018 Plt.Bupati Bengkulu Selatan menunjuk Asisten I Sekretariat Daerah Bengkulu Selatan Yunizar Hasan selaku Pelaksana Harian (Plh) sekretaris Daerah.

Hal ini Sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 03 tahun 2018 tentang pejabat sekretaris daerah. Yang mana apabila pelaksana tugas Sekda berhalangan, tidak bisa melaksanakan tugas, dan atau terjadi kekosongan. Maka Bupati menunjuk salah sorang pejabat eselon II aktif sebagai pelaksana harian. Penunjukan pelaksana harian Plh Sekkab ini dengan masa jabatan paling singkat 15 hari. Untuk tahapan selanjutnya Plt Bupati menunjuk Pelaksana tugas (Plt) Sekkab untuk di usulkan ke Gubernur.

“Proses ini sudah dilaksanakan oleh Plt Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi SE. Mulai dari sebelumnya menunjuk Yunizar Hasan sebagai Pelaksana harian (Plh) Sekkab karena berakhirnya masa jabatan H Nurmansyah Samid sebagai Penjabat Sekkab, hingga mengusulkan Yulian Fauzi sebagai Plt Sekkab yang insya allah akan dilaksanakan pelantikannya besok siang (27/06) di Aula Pemda Provinsi Bengkulu”, kata Ketua Lsm Topan RI Wilayah Bengkulu Selatan Oni Lufti.

Oni menjelaskan, karena Yunizar Hasan sifatnya hanya sebatas pelaksana harian (Plh), maka oleh sebab itulah Plt Bupati Gusnan Mulyadi itu menunjuk dan mengusulkan seorang pejabatnya untuk di SK kan sebagai Plt Sekkab BS kepada Gubernur, hingga ditetapkannya Sekda definitif nantinya. Maka diusulkanlah Drs Yulian Fauzi untuk di SK kan sebagai Plt Sekkab.

Atas persetujuan Mendagri, sehingga Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah akan meng SK kan Yulian Fauzi sebagai Pelaksana tugas (Plt) Sekda berdasarkan usulan Plt. Bupati Bengkulu Selatan.

“Artinya proses dan tahapan penunjukan Drs Yulian Fauzi oleh Plt Bupati Gusnan Mulyadi SE sebagai Plt Sekkab Bengkulu Selatan yang akan di SK kan oleh Plt Gubernur Bengkulu Drh Rohidin Mersyah MM tersebut sudah benar dan telah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku”, kata Ony Lufti.

Lebih lanjut Ony mengatakan, untuk kepentingan organisasi dan daerah, menuju Bengkulu Selatan Emas. Kebijakan serta langkah-langkah yang dilakukan oleh seorang Plt Bupati Gusnan Mulyadi, itu sudah tepat.(SAR)