Bengkulu Selatan, Bengkulu; Tahun ini zakat fitrah di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) sebesar Rp 28.000,- atau 2,5 kg beras setara dengan 10 canting beras per orang. Sedangkan angka terendah zakat fitrah pada angka Rp 22.000,-. Hal tersebut berdasarkan hasil keputusan rapat antara Kantor Kementerian Agama (Kemenag) BS dengan Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan.
Kepala Kantor Kemenag BS, Drs. Yasaroh Maksum, MH.I, mengatakan besaran zakat fitrah di Kabupaten BS pada angka tertinggi Rp 28 ribu atau 2,5 kg beras setara dengan 10 canting beras setiap orang. Masyarakat bisa membayar zakat fitrah dengan uang atau beras, bisa disalurkan melalui masjid atau diserahkan langsung kepada yang berhak. “Kalau beras 10 canting atau 2,5 kilogram beras yang biasa dikonsumsi sehari-hari, atau juga boleh uang maksimal sebesar Rp.28.000,- ,minimal Rp.22.000,-” ujar Yasaroh.
Dijelaskan Yasaroh, keputusan kadar zakat tertinggi dan terendah ditetapkan setelah seluruh peserta rapat setuju dengan harga zakat tertinggi berdasarkan hasil survei harga beras di pasaran BS. Beras yang digunakan untuk membayar zakat sudah seharusnya berkualitas baik dan layak dikonsumsi oleh penerima zakat. “Zakat fitrah wajib hukumnya bagi yang mampu, dilaksanakan sebelum hari raya Idul Fitri,” pungkas Yasaroh.(SAR)